CLOUD COMPUTING


Pernah dengar gak tentang cloud computing??
Disini akan diulas sedikit tentang cloud computing.
Sebenarnya cloud computer sudah lama membuing di antariksa. Namun hal tersebut hanya ada di kalangan orang luar negeri dan perusahaan berbasis internasional.



Cloud computing dapat didefinisikan singkat "Cloud computing is Internet-based computing, whereby shared resources, software, and information are provided to computers and other devices on demand, as with the electricity grid" . kok pada melotot gitu?? hhehe okey deh sya artikan kedalam bahasa indonesia : singkatnya cloud computing adalah komputasi berbasis internet, dimana sumber daya bersama, disediakan untuk komputer dan perangkat lain sesuai permintaan secara online melalui internet. sehingga kita gak perlu punya harddisk besar2 buat nyimpan lagu2 favorit kita. Apalagi skarang kan sudah banyak banget radio online.. hhehe. kita juga gak usah takut kehilangan data saat komputer diinstal ulang karena smua data kita telah tersimpan di penyimpanan super besar di server cloud. Kita gak usah perlu instal berbagai program karna software dapat langsung digunakan via internet sudah seperti terinstal dikomputer sendiri. Hebat bukan?? 

FITUR UTAMA


Sebenarnya banyak sekali fitur2 dari cloud computer ini. tpi disni saya ulas beberapa. minimal memberikan gambaran yang lebih konkrit. 


Agylity = meningkatkan kemampuan bagi setiap pengguna dengan lebih cepat dan murah. logikanya jika 1 server ditambahkan sumber dayanya. maka smua pengguna akan merasakan dampak penambahannya. hal ini mirip dengan arsitektur cache core i7


API = aksesibilitas perangkat lunak yang memungkinkan mesin untuk berinteraksi dengan cloud software sama seperti user interface memfasilitasi interaksi antara manusia dan komputer. jadi tidak perlu kode-kode yang rumit untuk terhubung ke cloud. contoh kecil dari cloud adalah gadget facebook. didalam facebook terdapat game yang langsung dapat kita jalankan tanpa harus menginstallnya.  

Biaya diklaim menjadi sangat berkurang dan pengeluaran modal diubah menjadi biaya operasional

Perangkan dan lokasi yang bebas memungkinkan pengguna untuk mengakses sistem menggunakan browser web terlepas dari lokasi mereka atau apa perangkat yang mereka gunakan (misalnya, PC, mobile)


Pemeliharaan aplikasi komputasi awan lebih mudah, karena mereka tidak harus diinstal pada setiap komputer pengguna. Teknisi lebih mudah untuk meningkatkan support dan kemampuan sejak perubahan mencapai klien langsung. (tersinkronisasi)

Sebagai informasi ternyata UNSA punya proyek untuk mewujudkan cloud commuting
Dari fitur2 tersebut akhirnya di UNSA mulai dibentuk UNSA COMMUNITY dimana perkuliahan dapat diakses langsung via internet. Mari kita wujudkan cloud computer untuk masa depan yang lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar anda serta kritik yang membangun